Saturday, March 24, 2012

Happy Silent Day!

Holla everybody..
Sebagai warga Bali yang baik, dan biar ga malu sama nama gw juga, postingan kali ini gw mau ngomongin "NYEPI" aja deh..
Mudah-mudahan belom telat juga yaah.. Abisnya kemaren tuh nggak kepikiran buat bawa laptop kantor.
Coba kalo gw bawa kan bisa posting. Jangan tanya kenapa gw ga pake laptop dirumah. *Yeah, some characters are missing gegara dicungkilin sama keponakan gw yang paling ganteng sejagad raya! horeee! 
Oke, fokus Achie, fokus..
Iyap, sama seperti agama lainnya, Hindu juga punya perhitungan tahun sendiri. If i'm not make a mistake, perhitungan mereka ( Baca : orang Hindu ) itu berdasarkan bulan. *Please correct me if i'm wrong :s
Iya, bulan purnama, bulan sabit, dan bulan-bulan yang lain. Makanya sembayangannya mereka juga bergantung sama bulan. Nah umat Hindu itu nyebutnya tahun baru caka ( Baca : saka ) kebetulan tahun baru caka tahun ini jatoh tanggal 23 Maret kemaren.
Nyepi sendiri berarti sepi, sunyi. Ini dia bedanya Hindu sama agama lain. Saat agama lain di tahun barunya rame-rame, umat Hindu melakukan hal sebaliknya. Melakukan penyepian, dengan maksud bisa membersihkan diri dari dosa, jadi mulai tahun yang baru dengan hati yang bersih..
Informasi lebih lengkapnya bisa di klik disini :)
Tapi guys, sebelum nyepi dimulai, tepat satu hari sebelumnya, yaitu tanggal 22 Maret, sore biasanya ada tradisi mengarak ogoh-ogoh ( patung besar dan menyeramkan yang dibuat sebagai penggambaran Bhuta Kala/Setan/Roh jahat ) ke sekeliling lingkungan ( terutama di Bali yang 80% adalah umat Hindu ). 
Temen-temen gw pada penasaran kaya apa bentuk ogoh-ogoh, jadi kemaren gw iseng aja foto si patung yang menurut gw serem aja gitu.



Tuh kan, serem kan??? Ini di perumahan rumah gw aja punya banyak banget ogoh-ogohnya x_x
Iya, bentuknya emang beda-beda, tergantung kreatifitas dari masing-masing banjar ( Baca : semacem RT/RW di Bali ). Kadang suka di lombain juga sih. Tapi tahun ini nggak ada lombanya. Jadi si patung setan itu cuman dibawa muter-muter, terus, seharusnya dibakar. Berharap setan, menjelang tahun baru diusir-usir, dibakar, jadi tahun baru nanti nggak ada setan lagi, gitu.
Dan, tau kenapa gw mau mosting ini? Even gw bukan orang Hindu, tapi darah Bali masih kental di badan gw, dan ada banyak hal ( terutama dari tradisi ) di Bali yang menarik perhatian gw, dan kadang, patut dicontoh.
Ya Nyepi ini salah satunya. Walaupun kalo boleh jujur, gw benci banget harus nyepi dirumah. Kemaren sempet ngerencanain ke Lombok sama temen-temen, tapi gagal total gegara lagi cuaca buruk.
Dan kemaren seharian, dari jam 6 pagi tanggal 23, sampe jam 6 pagi tanggal 24 hari ini, warga Bali/orang-orang yang tinggal di Bali tanpa terkecuali, even agama apapun, warga negara apapun, harus kudu wajib musti ikutan nyepi. Yap, nggak boleh keluar rumah *nangis* nggak boleh nyalain lampu *tambah nangis* pokoknya bener-bener harus nyepi, sunyi senyap, gelap. Bali itu kawasan pariwisata nomer 1 di Indonesia, tapi, hey, coba tolong dicontoh ya, Peeps.. Semua orang punya toleransi yang super tinggi di Bali ini.
Sampe flight dari/ke Balipun, dihentikan selama nyepi. Keren nggak tuh?
Di hotel-hotel, wisatawan juga udah di ingetin buat nggak keluar, lampu-lampu yang keliatan dari luar juga pasti diminta buat dimatiin. Kalo nggak taat, dijamin disamperin pecalang ( Baca : sejenis polisi keamanan Bali ) dan yang paling ringan hukumannya, disuruh nyapuin banjar. Hahaha, serem yah.
#EnaknyaJadiPecalang 
Parahnya, tahun ini saluran TV diputus. Yaaap, bener-bener diputus *Nangis gegulingan* Padahal tahun lalu TV kabel nggak diputus, tapi tahun ini rata mamen! Fyuuuh, kemaren itu gw hampir mati kebosenan.
Jujur aja, kemaren pm gw di bbm aja penuh dengan keluhan. Tapi jadi sadar akan banyak hal juga sih..
Ada banyak lho keuntungan nyepi itu, kalo gw bisa sebutin beberapa diantaranya, adalah : membuat ORANG jadi punya rasa toleransi, pengertian dan saling menghormati, terus hemat LISTRIK, pagi ini gw nonton newsticker di salah satu tv bilang kalo Bali menghemat 4MILYAR RUPIAH untuk LISTRIK aja selama 1 HARI NYEPI, keren abis kan??? Orang-orang juga jadi lebih bisa mengontrol emosi seharian, nggak ada berisik-berisik, ribut-ribut, kecelakaan, dan hal-hal buruk lainnya. Belom lagi diliat dari sisi polusi, karena gak ada kendaraan jenis apapun yang lewat. Tapi boros abis dari sisi keuangan. Selama nyepi gw makan terus mamen! Lupa deh sama diet-dietan x_x abis ga ada yang bisa dikerjain selain makan, tidur, nonton dvd, main sm gibson, dan update status #Eeaa #PentingBangetYah.
Dan gw pribadi jadi lebih mensyukuri kehadiran matahari. Kenapa? seharian dirumah, nggak keluar pager sama sekali dan ga bisa liat matahari itu SUCK banget. Pas pagi tadi bangun, walaupun matahari nggak terang-terang banget karena ujan, tapi ah.. Indahnya nggak terlukiskan :)
Bener-bener berasa kaya abis keluar dari penjara *Jadi tau deh gimana perasaan napi baru bebas #Eeeaa.
Jadi, happy silent day to all of you in Bali, especially Hinduism ppl :) 
May in this new year, God will always protect our lovely island :)
Tapi, tetep yah, gw berpikir untuk keluar Bali pas nyepi tahun depan. HAHAHA.


No comments:

Post a Comment